NAKAL DI DUNIA MAYA

Kenapa harus Nakal di dunia Maya???

Menurut penulis, judul tersebut cukup relevan untuk menggambarkan kondisi Dunia Maya saat ini, Sifat nakal erat kaitannya denga keisengan atau mencoba hal-hal diluar aturan yang berlaku..hal inilah yang secara tidak langsung menggiring seseorang untuk berbuat diluar koridor akhirnya menjadi cikal bakal timbulnya sebuah kejahatan terutama kejahatan di dunia maya (Cyber Crime)..

Seorang pelaku cybercrime awalnya mendapat informasi tentang cara melakukan kejahatan cyber dari petualangannya (browsing), sejumlah tips dan fasilitas pendukung telah disediakan berbagai sumber, dari sinilah timbul niat coba-coba sesuatu yang dapat kita sebut sebagai “potensi kenakalan”….

Saat percobaannya berhasil maka akan timbul sebuah kepuasan terhadap apa yang telah dilakukannya yang membuatnya mengulang bahkan melakukan aksi-aksi lainnya, hal ini bisa kita sebut sebagai “motif kenakalan”

Kenakalan konstruktif dapat memicu sebuah kejahatan.

Kenakalan konstruktif adalah kenakalan yang bermula dari sebuah keisengan belaka namun seiring dengan pengetahuan yang meningkat hal ini dapat membangun sebuah kepercayaan diri yang berpangkal pada penguasaan keterampilan dalam melakukan sebuah kejahatan

SEPUTAR KEJAHATAN DUNIA MAYA (CYBERCRIME)

Kejahatan dunia maya (Inggris: cybercrime) adalah istilah yang mengacu kepada aktivitas kejahatan dengan komputer atau jaringan komputer menjadi alat, sasaran atau tempat terjadinya kejahatan. Termasuk ke dalam kejahatan dunia maya antara lain adalah penipuan lelang secara online, pemalsuan cek, penipuan kartu kredit/carding, confidence fraud, penipuan identitas, pornografi anak, dll.

Walaupun kejahatan dunia maya atau cybercrime umumnya mengacu kepada aktivitas kejahatan dengan komputer atau jaringan komputer sebagai unsur utamanya, istilah ini juga digunakan untuk kegiatan kejahatan tradisional di mana komputer atau jaringan komputer digunakan untuk mempermudah atau memungkinkan kejahatan itu terjadi.

Contoh kejahatan dunia maya di mana komputer sebagai alat adalah spamming dan kejahatan terhadap hak cipta dan kekayaan intelektual.

Contoh kejahatan dunia maya di mana komputer sebagai sasarannya adalah akses ilegal (mengelabui kontrol akses), malware dan serangan DoS.

Contoh kejahatan dunia maya di mana komputer sebagai tempatnya adalah penipuan identitas.

Sedangkan contoh kejahatan tradisional dengan komputer sebagai alatnya adalah pornografi anak dan judi online.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

%d bloggers like this: